Program Kemitraan

Bidang Kerjasama, Humas, Protokoler dan Website merupakan bagian/unit non struktural  di lembaga FE UNY.  Kerjasama yang selama ini dibangun  oleh Program Studi Akuntansi sebagian besar masih ditangani oleh fakultas meliputi kerjasama dengan instansi pemerintah, instansi swasta dan luar negeri. Adapun bentuk kerjasama jurusan/prodi terkait dengan pengembangan prodi/jurusan. Beberapa contoh kerjasama yang dilakukan dengan lembaga pemerintah atau swasta antara lain :

1)    Kerjasama dengan SMU /SMK selaku penyedia calon mahasiswa

a.    MOU FE UNY  dengan SMA N 11 Yogyakarta, dalam pengembangan Lab. IPS;  SMA N 1 Muntilan dalam rangka pengembangan  pendidikan Karakter.

b.    MOU FE UNY dengan SMP 20 Purworejo dan SMP 4 Klaten untuk pelaksanaan Pembelajaran IPS sekolah RSBI dan kerjasama melanjutkan pelaksanaan Real Microteaching  bekerjasama dengan Sekolah Mitra.

c.    MOU FE UNY dengan SMK Muhammadiyah 2 Muntilan mengenai praktik kerja industri.

2)    Kerja sama dengan Universitas lain dalam bidang pertukaran dosen dan perbaikan kualitas pembelajaran.

a.    Secara khusus FE juga menjadi penggerak dan melakukan MoU dengan Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial Indonesia (HISPISI).

b.    MOU UNY dengan 7 LPTK yaitu UNY, UNNES, UNS, UNESA, UNDIKSHA, UM dan UNIVET Sukoharjo.

c.    Pada tahun 2011 sering  mendapat kunjungan dari berbagai Instansi dalam rangka studi banding, antara lain dari: Prodi Pendidikan Sosiologi UPI Bandung 21 Februari, Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran FIS Universitas Negeri Makassar 10 Maret, Prodi Pendidikan Sosiologi FIS Universitas Muhammadiyah Makassar 22 Maret, Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan 20 April, SMA N 93 Jakarta 26 April, Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Sriwijaya 29 April, SMA Dinamika Pembangunan 2 Jakarta Yayasan Al Wathoniyah Assrodiyah 4 Mei, Jurusan Pendidikan IPS FIS Universitas Negeri Makassar 29 Juni, Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Kepulauan Riau 12 Juli dan Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Padang 13 Juli.

d.    Melakukan jalinan kerjasama dengan perguruan di luar negeri seperti UPSI Malaysia dan Aichi University Jepang. Dalam konteks pengembangan Social studies dan pendidikan karakter, FE secara intensif melakukan kajian/diskusi/ seminar dengan Aichi University, Jepang, sedang untuk kewirausahaan FE bekerja sama dengan UPSI Malaysia. Tindak lanjut dari kerja sama dengan Aichi University Jepang, rencananya Aichi akan mengirim tiga mahasiswa ke FE dan FE juga diharapkan mengirim mahasiswa ke Aichi untuk mengenal kehidupan budaya dan akademik di masing-masing Negara/institusi.