Visi & Misi Jurusan Pendidikan Akuntansi

Visi Program Studi Pendidikan Akuntansi

"Pada tahun 2025 menjadi Program Studi Pendidikan Akuntansi yang unggul dan profesional di bidang pendidikan akuntansi berlandaskan ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan yang berwawasan ekonomi kerakyatan, berjiwa wirausaha, dan berbudaya luhur serta menghasilkan lulusan responsif, adaptif, dan kompetitif"

 

Misi Program Studi Pendidikan Akuntansi

Dengan mempertimbangkan semua aspek dan isu-isu lokal, nasional, dan internasional, maka untuk mewujudkan Visi 2025, dirumuskan Misi Program Studi Pendidikan Akuntansi sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka membentuk tenaga profesional yang unggul di bidang Pendidikan Akuntansi.
  2. Membangun budaya akademik yang mendorong tumbuhnya ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan. 
  3. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang mampu mendorong mahasiswa berwawasan ekonomi kerakyatan, berjiwa wirausaha, dan berbudaya luhur.
  4. Mengembangkan sistem pendidikan yang membekali mahasiswa agar menjadi lulusan responsif dalam menanggapi tantangan dan permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar.
  5. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang mampu menghasilkan lulusan adaptif terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  6. Mengembangkan sistem pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan kompetitif dan berdaya saing tinggi.

 

Tujuan Program Studi Pendidikan Akuntansi

  1. Menghasilkan tenaga professional yang unggul di bidang pendidikan akuntansi.
  2. Membudayakan nilai-nilai ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan untuk seluruh sivitas akademika Program Studi Pendidikan Akuntansi
  3. Menghasilkan lulusan yang berwawasan ekonomi kerakyatan, berjiwa entrepreneur, dan berbudaya luhur.
  4. Menghasilkan lulusan yang responsif dalam menanggapi tantangan dan permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar.
  5. Menghasilkan lulusan yang mudah beradaptasi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  6. Menghasilkan lulusan yang kompetitif dan berdaya saing tinggi dalam bidang pembelajaran akuntansi.
  7. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga internal maupun eksternal dalam dan luar negeri yang berkaitan dengan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 

 


 

Visi Program Studi Akuntansi

Pada tahun 2019 menjadi Program Studi Akuntansi yang unggul, berkompetensi dan profesional dalam menghasilkan lulusan dengan berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, kecendekiaan, berwawasan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan serta nilai budaya luhur.

 

Misi Program Studi Akuntansi

Dengan berpedoman pada Visi Program Studi, Misi Program Studi Akuntansi

  1. Menyelenggarakan layanan pendidikan dan pengajaran di bidang akuntansi secara terarah, terprogram dan berkelanjutan dalam rangka mencetak lulusan yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, kecendekiaan, berwawasan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan serta nilai budaya luhur serta nilai budaya luhur.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu akuntansi dalam rangka memberi kontribusi dalam pembangunan masyarakat berwawasan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan dan nilai budaya luhur.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang bermanfaat dan berkualitas di bidang ilmu akuntansi serta membangun jejaring industri, pemerintah dan masyarakat yang berwawasan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan dan nilai budaya luhur.
  4. Memantapkan sistem tata kelola yang baik, bersih, transparan, dan akuntabel serta jejaring yang menunjang keberhasilan fungsi dan kinerja program studi.

 

Tujuan Program Studi  Akuntansi

Sesuai dengan Visi Misi di atas, Tujuan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UNY adalah:

  1. Menghasilkan lulusan di bidang akuntansi yang unggul, berkompetensi dan profesional yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, kecendekiaan, berwawasan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan serta nilai budaya luhur.
  2. Menghasilkan tenaga unggul yang memiliki etika, kompetensi dan profesionalisme di bidang akuntansi dan memiliki kemampuan menganalisis secara kritis serta terampil dalam mengkomunikasikan secara ilmiah
  3. Menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan IPTEK dan bermanfaat untuk masyarakat di bidang akuntansi yang berwawasan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan serta nilai budaya luhur.
  4. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud tanggung jawab sosial di bidang akuntansi yang berwawasan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan dan nilai budaya luhur.
  5. Menghasilkan jejaring yang menunjang keberhasilan fungsi dan kinerja program studi baik di dalam maupun luar negeri di bidang akuntansi yang berwawasan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan dan nilai budaya luhur .
  6. Menghasilkan tata kelola Program Studi Akuntansi yang baik, bersih, transparan dan akuntabel.

 


 

Visi Program Studi Diploma 3 (D III) Akuntansi

Dengan tetap berpedoman pada visi Universitas Negeri Yogyakarta dan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, visi Program Studi D III Akuntansi adalah:

“Menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan lulusan ahli madya dalam bidang akuntansi yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan serta berwawasan ekonomi kerakyatan, kewirausahaan, dan nilai budaya luhur".

Misi Program Studi Diploma 3 (D III) Akuntansi

Dengan perpedoman pada visi program studi, misi Program Studi Diploma 3 (D III) Akuntansi adalah:

  1. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan dalam lingkungan yang kondusif untuk membentuk sumberdaya manusia yang memiliki komitmen dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu akuntansi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  2. Melakukan kajian, pengembangan, dan penerapan ilmu akuntansi untuk memberikan kontribusi dalam pembangunan masyarakat.
  3. Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkualitas di bidang ilmu akuntansi, serta mengembangkan jejaring industri, pemerintah, dan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan tata kelola yang baik, bersih, transparan, dan akuntabel.